RESUME MATERI HARI KE DUA PKKMB TINGKAT UNIVERSITAS 2024

RESUME MATERI HARI KE DUA PKKMB TINGKAT UNIVERSITAS 2024

Selasa, 3 September 2024. Hari kedua PKKMB (Pengenalan kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dengan pemateri yang tak kalah Seru dan menarik dari hari pertama, khususnya pada hari kedua PKKMB tingkat universitas ini dihadiri oleh selebgram sekaligus mahasiswa berprestasi yang pernah menjadi peserta ajang nasional bergengsi class of champion atau yang biasa disebut COC Yaitu Bagas Satrio Wicaksono atau akrab d panggil Agas. Dengan topik yang di bahas tentang tantangan dan peluang mahasiswa dalam Revolusi Industri 4.0 dan society 5-0. Dimana kak Aga Menyampaikan beberapa pengalamannya selama menempuh pendidikan dan menoreh prestasinya selama ini, juga beberapa tips, trik dan cara terkait bagaimana generasi muda saat ini harus bisa dan mampu untuk menghadapi tantangan yang sebenarnya itu merupakan peluang itu sendiri. Topik yang di sampaikan Oleh kak Agas tidaklah berat sehingga kami mampu msmahaminya dengan baik.

Lalu materi aelanjutnya yang berhubungan dengan kampus yakni tentang Generasi Sukses berlandaskan Aswaja An Nahdliyah yang disampaikan oleh ketua Aswaja Center PWNU yakni K.H Ma'ruf Khozin. Aswaja berawal dari perang antara Sayidina ali, sampai ada aliran radikalisme. K.H Ma'ruf Menyampaikan kemungkinan Manusia akan ada perpecahan dan terjadi sejarah kelam. Beliau Juga menyampaikan NU itu bukan aliran, NU itu bukan kelompok, tetapi NU adalah Wadah Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Di dalam NU terdapat ukwah Islamiah, Insaniyah, dan wathaniyah. NU sangat menghargai budaya dan tradisi, yaitu tradisi yang tidak bertentangan dengan agama dapat diterima. Ketika terjadi tradisi, yang kita amalkan adalah yasin dan tahlil yang tidak ada di agama lain, terdapat dalam dahlil al thabrani dan al barzar. Orang NU juga sering dituduh menambah - nambahi ibadah, dan itu perlu diperjelas, tetapi dalam agama ada ibadah yang boleh di tambah yaitu solawat sampai akhirnya ada banyak solawat. Jadi, pada intinya hidup harus di imbangi dengan akidah, fiqih dan akhlak.


Selain itu, materi yang yaitu tentang penulisan konten media sosial, publikasi, plagiarisme dan personal branding yang tidak kalah penting, di sampaikan oleh Ibu Mushlika Nourma ka prodi D4 K3 UNUSA. Beliau menjelaskan dan memperkenalkan terlebih dahulu terkait resiko yang akan dihadapi selama menempuh pendidikan sebagai mahasiswa. Mahasiswa juga harus mampu dan berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, maka dari itu keselamatan kerja berlaku pada tempat dimana dilakukan pendidikan, pembinaan, percobaan, penyelidikan atau riset. Selain itu, dalam keselamatan dan kesehatan kerja, kita harus mengenali dan memanajemen resiko apapun yang dilakukan dan dikerjakan, kenali dan kendalikan resikonya, juga potensi bahayanya, dan kendalikan risikonya. Lalu, berbarengan dengan yang disampaikan Oleh bu Mushlika, Materi tentang Pengembangan dan penyelarasan Website UNUSA yang disampaikan oleh bapak Ibad. Dimana beliau menjelaskan tentang penulisan konten media sosial, publikasi, plagiarisme dan personal branding. Secara tidak langsung materi ini berkubungan dengan materi pertama yakni bagaimana cara membangun dan mempromosikan citra diri yang baik dan konsisten.

Nama : Eka Martha Anggraeni 
Prodi : S1 Keperawatan 
Fakultas : Keperawatan dan kebidanan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA KOTA LAMA

Essay My Future My Past

FKes Unusa Berhasil Kirim Dua Mahasiswa Untuk Belajar di Salah Satu Top QS World Rankings University